Sunday, February 5, 2017

Perjalanan Arjuna Setelah selamat dari Laksagraha

_/l\_ ॐ साई राम
Peta Perjalanan Arjuna dalam Mahabharata
Setelah selamat dari Laksagraha
Dimanakan posisi Laksagraha. Dalam cerita tempat tersebut dibangun di dekat sungai yang berarus deras. Sungai tersebut merupakan anak Sungai Gangga di dekat Haridwar atau Rishikesh.
Varanavata (kota yang padat) adalah ibukota kuno yang merupakan nenek moyang Bangsa Kuru. Faktanya tercantum dalam Vana Parwa yang menyebutkan Varanavata sebagai kota besar dari Bangsa Kuru. Daerah ini dipilih Pandava (dari 5 tempat lainnya) untuk bersembunyi dan menghindar dari perang melawan Kurava (Udyoga Parva). Varana artinya gajah dan Vata artinya wilayah. Diasumsikan daerah tersebut banyak dihuni oleh gajah. Daerah tersebut ditemukan berada di suatu tempat di sekitar Hardwar dan Kota Rishikesh di Uttarakhand. Alternatif daerah yang diperkirakan adalah Varanavata adalah Barnawa (UttarPradesh) dan Lakhamandar (Uttarakhand di Himalayas). Selain itu alternatif lainnya adalah Shivpuri (dekat Rishikesh dan Uttarkashi).
Dalam cerita, Vidura mengirim tenaga penambang untuk membuat terowongan agar Pandava dan Kunti selamat dalam kejadian Laksagraha. Melewati bawah tanah menuju dekat Sungai Gangga. Terowongan tersebut diperkirakan sekitar 2 kilometer dengan kedalaman 3 sampai 4 meter.
Lepas dari Laksagraha, Pandava dan Kunti menuju selatan menyeberangi Sungai Gangga sekitar 4 -5 kilometer dari ujung terowongan selama 3 -4 jam menuju hutan lainnya saat tengah malam. Dalam cerita menunjukkan mereka menuju wilayah Rakshasas seperti Hidimbi. Wilayah Raksasa tersebut menyebar dari Varanavata bagian barat (Rishikesh) di Uttarakand utara – barat menuju ke Himachal_Pradesh. Di kota Manali terdapat kuil Hidimba untuk menghormatinya. Bheema dan Pandawa lainnya menuju barat-utara mencapai Pusat Rakshasas (pusat kota Manali). Diperkirakan mereka kesana dalam waktu satu bulan dari Varanavata. Pusat kota berada di Manali (Himachal_Pradesh) dimana Bheema menikah dengan Hidimbi. Sebelah timur wilayah tersebut ada daerah Kinnara (suku Rakshasas). Sebelah barat ada Trigarta yang dihuni oleh orang – orang penganut Vedanta (tidak seperti Rakshasas dan Kinnaras). Setelah itu, Pandava menuju ke Trigarta.
Bheema dan Hidimbi diperkirakan berumah tangga di tepi sebuah danau. Danau itu bisa saja Tso-moriri atau Manasarovara di dekat Kailas yang terletak jauh di timur Guhyakas (Kinnara dan Kimpurushas). Terutama sekitar Himachal_Pradesh. Mereka berdua berumah tangga selama satu tahun. Dan melahirkan Gatotkaca (Gatha dan pot artinya botak).
Terimakasi Bpk Agung Joni telah memberi ijin share tulisan beliau

No comments:

Post a Comment